Analisis Geodatabase untuk Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Tingkat SD di Kecamatansukasari Kota Bandung

  • Azhari Al Kautsar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Restu Ayu Fauziah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tessa Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pendidikan, Geodatabase, Persiapan

Abstract

Saat ini Dunia masih dilanda pandemi Covid-19 yang mulai merebak sejak awal 2020. Banyak sekali hal yang terdampak oleh Covid-19, salah satunya adalah sektor pendidikan. Akibat Covid-19, kegiatan belajarĀ  mengajar di Indonesia mengalami perubahan dari yang semula berbentuk tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia maupun pencapaian pembangunan suatu bangsa. Sanitasi sekolah yang memadai akan memberikan dampak yang luar biasa pada beberapa indikator utama dalam pembangunan pada sektor, khususnya pendidikan. Geodatabase merupakan sebuah konsep manajemen data relasional yang berisikan dataspasial dan non spasial. Dengan adanya geodatabase akan memudahkan pihak sekolah, siswa dan pemerintah dalam proses pemantauan persiapan kebiasaan baru, dilihat dari fasilitas serta pemantauan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah dasar untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka terutama pada sekolah dasar di wilayah Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan tipologi dasar basis data spasial dengan pendekatan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah peta dan olahan atribut geodatabase dan kesimpulan dari penelitian ini adalah kelayakan dalam persiapan pembelajaran tatap muka tingkat SD di Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Published
2021-03-31
How to Cite
Azhari Al Kautsar, Restu Ayu Fauziah, & Tessa. (2021). Analisis Geodatabase untuk Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Tingkat SD di Kecamatansukasari Kota Bandung. Jurnal Lemhannas RI, 9(1), 186-194. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.386
Section
Articles