Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, Struktur Modal, Kebijakan Deviden, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Ketatnya persaingan di dunia usaha pada era globalisasi ini menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi-strategi yang tepat. Perusahaan perlu memperhatikan faktor internal maupun eksternal yang dapat meningkatkan nilai perusahaan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate social responsibility, keputusan investasi, struktur modal, kebijakan deviden, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini diharapkan berguna bagi perusahaan agar lebih mengembangkan dan mengaplikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dan membantu investor untuk mengambil keputusan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Terdapat 116 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019 dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS sebagai alat uji. Sumber data diakses melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dengan corporate social responsibility diukur menggunakan 149 item, keputusan investasi diukur menggunakan price earning ratio (PER), struktur modal diukur menggunakan debt to equity ratio (DER), kebijakan deviden diukur menggunakan dividend per shared (DPS), dan profitabilitas diukur menggunakan return on assets (ROA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi, struktur modal, dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel corporate social responsibility dan kebijkan deviden tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sehingga disimpulkan bahwa nilai perusahaan yang tinggi dapat menarik investor untuk berinvestasi, sehingga perekonomian negara akan meningkat.